Minggu, 02 September 2018

Donasi Sel Telur

Memikirkan Donasi Telur Anda? Saya Telah Melakukannya Tiga Kali dan Ini Adalah Apa Yang Terjadi

Ketika saya pertama kali menjadi donor telur, saya dibanjiri banyak pertanyaan dari teman-teman yang ingin tahu. Banyak orang ingin tahu apakah menyumbang telur saya berarti saya sekarang tidak subur, atau apakah saya masih memiliki indung telur, atau apakah itu proses yang menyakitkan.

Sebagian besar dari pertanyaan-pertanyaan itu dimaksudkan dengan baik. Tetapi setelah mendengarnya, saya menyadari bahwa sangat sedikit orang yang mengerti apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh sumbangan telur.

Seks dan reproduksi sering dilihat sebagai hal yang tabu - itu datang dengan stigma seputar pendidikan seks, infertilitas, dan sumbangan telur - tetapi karena stigma itu, sangat sedikit orang yang memahami masalah kesehatan reproduksi, terutama sumbangan telur.

Menjadi donor telur adalah hal yang tanpa pamrih dan indah. Ini adalah tindakan yang membutuhkan banyak kemurahan hati untuk memberikan waktu Anda sehingga keluarga lain dapat tumbuh. Karena itu, saya pikir itu adalah salah satu hal terpenting yang pernah saya lakukan.

Bahkan, saya sekarang adalah donor telur tiga kali dan inilah yang saya ingin Anda ketahui.
Bagaimana seseorang menjadi donor telur?

Saya pribadi mendaftar dengan agen internasional yang mengatur sumbangan luar negeri untuk orang tua yang dituju yang berbasis di negara lain. Mereka tinggal di Cape Town, Afrika Selatan, tempat saya tinggal.

Dan begitulah biasanya. Donor telur akan mendaftar dengan lembaga donor, yang akan 'cocok' dengan donor dengan keluarga.

Lembaga donor telur lebih memilih donor yang sehat antara usia 20 dan 30 tahun, meskipun semua lembaga memiliki kebijakan usia yang sedikit berbeda. Jika keluarga Anda memiliki riwayat penyakit keturunan yang kuat, agen mungkin menolak permohonan Anda. Itu masuk akal, karena keluarga ingin anak yang sehat mungkin.

Agen juga akan mengharuskan Anda untuk menjalani tes darah dan ultrasound untuk memeriksa kesehatan dan kemampuan Anda untuk menyumbangkan telur. Saya menjalani proses yang sama setelah saya dicocokkan dengan keluarga.

Ingat: Agen harus membayar semua biaya medis. Jangan pernah menaruh uang di depan. Jika biro iklan meminta uang - itu adalah bendera merah besar, bahkan jika Anda harus melakukan perjalanan.

Jika Anda dicocokkan dengan orang tua yang dituju yang tinggal di luar negeri, Anda mungkin diminta untuk melakukan perjalanan ke negara mereka untuk proses tersebut. Dalam hal ini, agensi dan orang tua pasti harus membayar untuk penerbangan dan akomodasi Anda.
Bagaimana tepatnya donasi telur bekerja pada tingkat medis?

“Proses menyumbangkan telur seseorang melibatkan protokol injeksi yang diberikan sendiri selama 10 hingga 12 hari, dan sekitar 4 hingga 5 tes darah dan ultrasound selama proses,” jelas Dr. Shahin Ghadir, mitra pendiri Pusat Reproduksi California Selatan. .

“Agar donor telur menghasilkan lebih dari satu telur yang biasanya dia dapatkan sebulan, dia akan diajari cara mengatur suntikan hormon stimulan kecil ke dalam perutnya yang akan memungkinkan tubuhnya untuk membuat sejumlah telur dan menghasilkan hormon tubuh sendiri untuk memungkinkan telur-telur itu tumbuh. ”

Selama periode ini, pertumbuhan folikel di ovarium Anda akan tumbuh. Folikel-folikel ini adalah tempat telur matang. Pertumbuhan mereka dimonitor oleh ultrasound.

Setelah folikel berukuran cukup, telur diambil melalui operasi. Selama operasi, alat dengan jarum tipis ditempatkan melalui dinding vagina dan masuk ke ovarium. Jarum menembus indung telur dan mengangkat telur.

Jika tidak ada komplikasi, proses ini tidak menimbulkan rasa sakit, meskipun beberapa orang mungkin mengalami kram menstruasi selama beberapa jam setelahnya. Ketika saya sedikit lelah setelah operasi retrieval, saya merasa baik secara keseluruhan.
Apa risikonya?

Ketika saya memberi tahu orang-orang bahwa saya adalah seorang donor telur, mereka sering bertanya apakah ini berarti saya tidak dapat memiliki anak ketika saya lebih tua. Jawabannya tidak - jika prosesnya dilakukan dengan benar, menyumbangkan telur Anda tidak akan memengaruhi kesuburan Anda di masa depan.

“Setiap bulan dari kehidupan reproduksi wanita, dari pubertas hingga menopause, ada sekelompok telur yang ditakdirkan untuk hilang karena atrisi alami,” jelas Dr. David Ryley, seorang ahli endokrinologi reproduksi di Boston IVF Fertility Clinic. “Proses donasi telur dan pembekuan telur mencegah kelompok telur itu dari 'mati.'”

Sementara setiap donor berbeda, banyak yang merasa sedikit kembung dan lamban selama proses tersebut. Ini normal - hanya tubuh Anda yang bekerja lembur untuk membantu pertumbuhan folikel Anda! Tentu saja, risiko kesehatan juga tergantung pada perawatan medis dan dukungan yang Anda terima.

Salah satu risiko yang lebih umum dari sumbangan telur adalah sindrom hiperstimulasi ovarium, atau OHSS. Ini bisa menyebabkan dehidrasi, mual, muntah, diare, dan nyeri. Meskipun OHSS ringan dapat dikelola dengan mudah, kasus yang parah mungkin memerlukan perjalanan ke rumah sakit. Kemungkinan seorang donor mengalami OHSS berat, cukup untuk dirawat di rumah sakit, sekitar 14,5 persen, yang mirip dengan tingkat pada wanita hamil dan tidak hamil.

Apa yang harus saya tanyakan pada diri sendiri sebelum mendaftar ke agensi?

Sangat penting untuk menggunakan klinik kesuburan yang memiliki staf yang peduli dan berpengalaman. Tapi apa artinya itu? Agensi yang baik terdiri dari karyawan yang komunikatif, welas asih, dan berpengalaman.

Saya mendaftar dengan biro iklan hanya setelah saya menyelidiki mereka secara menyeluruh dan berbicara dengan kenalan yang juga telah menyumbangkannya. Lakukan yang sama. Pastikan Anda meneliti agensi dan, jika mungkin, berbicaralah kepada para donatur yang pernah memiliki pengalaman dengan mereka.

“Ketika menyumbangkan telur, Anda harus melihat situs web agensi dan melihat berapa banyak donor telur sebelumnya di situs, dan tambahan, pastikan bahwa semua tes darah prasyarat dilakukan,” kata Dr. Ghadir. "Mereka harus memiliki protokol di tempat jika Anda perlu melewatkan pekerjaan, atau dilihat oleh klinik kesuburan, sampai Anda kembali normal."
Periksa daftar

    Gunakan agen yang memberikan dukungan sosial dan pemeriksaan psikologis.
    Tanyakan tentang kebijakan mereka dan bagaimana mereka akan mendukung Anda jika komplikasi muncul.
    Penelitian apa yang klien katakan tentang mereka.
    Berbicaralah dengan para donor sebelumnya tentang pengalaman mereka.

Menjadi donor telur bukan tentang kompensasi

Menjual telur Anda mungkin ilegal di berbagai tempat di seluruh dunia, tetapi banyak agensi menawarkan kompensasi donor untuk waktu dan komitmen mereka. Beberapa program donasi telur internasional mengirim Anda ke luar negeri dengan perjalanan berbiaya penuh. Tetapi tidak satu pun dari faktor-faktor itu yang seharusnya menjadi motivasi utama Anda untuk menjadi donor telur.

Saya secara pribadi menyumbangkan telur saya ke luar negeri tiga kali sekarang, dan sementara kompensasi dan perjalanan ke luar negeri merupakan bonus besar, komitmen itu tidak akan sepadan jika tujuan utama saya tidak membantu keluarga.

Hati saya membuncah dengan bahagia setiap kali saya ingat bahwa keluarga sekarang memiliki seorang putri karena saya. Saya selalu bersyukur bahwa saya diberi kesempatan untuk membantu mereka dengan cara yang sedemikian istimewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar